Larang murid berpelukan, kepala sekolah diprotes orangtua

capture-12

Kepala Sekolah Malcolm Arnold Academy di Northampton, Chris Steed, mengeluarkan peraturan baru di sekolahnya. Dia melarang seluruh murid berpelukan, berpegangan tangan, atau melakukan kontak fisik lainnya.

Peraturan ini dibuatnya agar murid-murid saling menghormati ‘ruang pribadi’ masing-masing. Jika dilanggar, akan diberikan sanksi.

Namun, peraturan tersebut mengundang kemarahan dari orangtua murid. Mereka menyebut gagasan itu sebagai hal yang kejam.

“Ketika saya masih sekolah, teman-teman sering mendukung saya saat diperlukan dengan cara memberikan rangkulan,” kata salah satu orang tua murid, Debbie Lowe, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (16/11).

Lowe menambahkan, “Kalau itu untuk menghindari saling dorong bisa dimengerti, tapi melarang sentuhan dalam arti lain itu benar-benar kejam. Ini bisa membatasi perkembangan anak-anak dalam bersosialisasi.”

Orang tua murid lain turut memberikan komentar yang berisi penolakan. Sebagian dari mereka mengatakan, jika dibiarkan maka murid-murid akan tumbuh menjadi orang yang tidak peduli pada lingkungan sekitar.

“(Peraturan) ini hanya akan menekan emosi anak-anak dan mengubah mereka menjadi robot,” ujar salah satu orangtua.

Sementara itu, kepala sekolah Steed mengklaim keputusan ini sudah mendapat respons positif dari orangtua murid. Para orangtua murid yang menyetujuinya adalah yang datang pada sesi rapat pertemuan orang tua dan wali murid sebelumnya.

“Peraturan ini sudah sesuai dengan standar perilaku yang ingin kami terapkan di Malcolm Arnold Academy. Dan kami selalu meninjaunya,” kata Steed.

Malcolm Arnold Academy merupakan sekolah campuran untuk 1.300 murid yang berusia antara 11 sampai 19. Sebelumnya, dalam pemeriksaan bulan Mei lalu, sekolah ini sudah mendapat pesan dari Ofsted untuk melakukan beberapa perbaikan dalam hal peraturan sekolah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s