Antara T.B. Silalahi dan Vespa

q

T.B. Silalahi adalah tokoh nasional Indonesia yang dikenal sebagai tokoh militer dan politikus andal. Ia, misalnya, pernah menjadi Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI.

Namun tak banyak yang tahu bahwa sosok asal Pematangsiantar ini begitu menggandrungi vespa. Ini diketahui saat Liputan6.com berkunjung ke Museum T.B. Silalahi Center, di Toba Samosir, Minggu pekan lalu, (23/10/2016).

Di salah satu ruangannya tersimpan satu unit Vespa berkelir biru muda, yang disebut sebagai impian Silalahi sejak berada di bangku kuliah, di Amerika sana.

Sebagaimana anak muda pada umumnya, Silalahi sangat menyukai Vespa. Namun harganya yang mahal membuat ia tak sanggup membelinya. Ia pun berhemat dari uang jajan dan menabung saat berkuliah di AS. Dengan satu tujuan: saat uang terkumpul, maka akan langsung dibelikan Vespa.

“T.B. Silalahi selalu terkesan sewaktu pacaran dengan istrinya memakai Vespa pinjaman dari temannya,” tulis keterangan di museum tersebut.

Namun rencana ini terkendala karena keluarga Silalahi terkena musibah. Anak kedua Silalahi, Merry, menderita hernia saat ia baru pulang dari AS. Akhirnya, uang yang selama ini ia kumpulkan terpaksa harus dihabiskan semua untuk biaya rumah sakit.

“Pupuslah cita-cita TB Silalahi untuk memiliki Vespa,” tambah keterangan tersebut.

Namun rezeki memang tak ke mana. Kisah ini didengar seorang dokter mata bernama Ricky E. Rooroh. Ia kemudian mencari Vespa dengan tahun dan model yang sama persis dengan yang diinginkan Silalahi. Ia pun menemukannya. Bahkan beberapa suku cadang yang telah hilang diganti dengan yang asli, yang dipesan langsung dari Italia.
Vespa rekondisi tersebut akhirnya diserahkan kepada Silalahi, dan resmi menjadi koleksi museum sejak 4 Juli 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s