Ketahui 5 Mitos dan Cara Mencukur Bulu Tubuh dengan Benar

030069100_1493882295-088480800_1492763838-080678200_1455258861-20160212-Ilustrasi-Ketiak-iStockphoto8

Mencukur bulu-bulu halus pada bagian tubuh memang harus rutin dilakukan agar tetap bersih dan sehat. Ada banyak metode untuk menghilangkan bulu pada tubuh seperti mencukur, waxing, laser, dan obat krim penghilang bulu.

Seperti yang dilansir dari Boldsky, Jumat (5/5/2017) mencukur adalah cara termudah, namun menyakitkan untuk menghilangkan bulu. Ada beberapa mitos tentang cara bercukur yang perlu Anda ketahui. Penasaran apa saja?

1. Bercukur menyebabkan rambut tumbuh kembali menjadi lebih tebal dan kasar

Ini tidak benar. Bulu-bulu yang telah dipotong akan tumbuh menjadi tumpul, sehingga seolah-olah terlihat seperti bulu yang tebal dan kasar. Jika Anda melembapkan bagian tubuh yang telah dicukur, ujung bulu yang tumpul akan terasa lebih lembut dan halus.

2. Mencukur akan meningkatkan pertumbuhan bulu

Tentu saja ini hanya mitos. Ada banyak cara untuk meningkatkan pertumbuhan bulu rambut. Pertumbuhan bulu rambut tergantung pada hormon dan genetika serta faktor-faktor tubuh lainnya.

3. Mencukur menyebabkan bulu yang tumbuh kembali jadi lebih gelap

Bagian ujung bulu yang tumpul dapat menyebabkan bulu terlihat lebih gelap pada awalnya, tapi setelah tumbuh mulai sedikit terlihat warna aslinya.

4. Mencukur menyebabkan bulu tumbuh ke dalam

Hal ini tidak benar. Bulu yang tumbuh ke dalam disebabkan oleh kurangnya pengelupasan kulit. Anda bisa mendapatkan bulu yang tumbuh ke dalam setelah waxing atau jika Anda tidak rajin melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Disarankan melakukan pengelupasan kulit sehari atau dua hari setelah bercukur.

5. Mencukur baik dalam keadaan kulit kering

Tentu saja tidak. Pisau cukur dapat mengangkat sel kulit paling atas dan jika dilakukan pada kulit kering itu akan menyebabkan luka pada kulit setelah bercukur.

Cara mencukur bulu pada tubuh dengan baik dan benar

Nah, setelah Anda mengetahui mitos-mitos seputar mencukur bulu, saatnya Anda ketahui cara mencukur bulu pada tubuh dengan baik dan benar berikut ini.

1. Mandilah sebelum bercukur. Hal ini akan membuat kulit tubuh lebih lembap.

2. Setelah itu, oleskan gel khusus mencukur bulu tubuh.

3. Mulailah mencukur dengan gerakan ringan. Arah mencukur tergantung pada bagian tubuh mana yang ingin Anda cukur. Misalnya, jika mencukur kaki, cukurlah mulai dari pergelangan kaki. Sementara ketiak, cukur dari arah atas ke bawah. Untuk daerah bikini, cukurlah mulai dari bagian dalam hingga luar secara perlahan.

4. Setelah mencukur, kulit akan terasa kering, oleh karena itu jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembap agar kulit terasa lebih lembut dan halus.

5. Cuci pisau cukur Anda secara menyeluruh setiap selesai bercukur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s