Gol Higuain Selamatkan Juventus dari Kekalahan

079045400_1494099897-000_O6182.jpg

Striker Juventus Gonzalo Higuain menjadi penyelamat dalam laga derby melawan Torino pada Minggu (7/5/2017) dinihari WIB tadi. Gol Higuain pada masa injury time memaksa pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Di sepanjang babak pertama Juve sebetulnya mendominasi permainan. Misalnya pada menit ke-15 saat peluang pertama didapat dari sepak pojok Paulo Dybala.

Gelandang Sami Khedira mencoba meneruskannya dengan tandukan tapi bola hanya membentur mistar gawang. Pada saat ini pula, wasit harus menggunakan bantuan teknologi video untuk memastikan pantulan bola tersebut. Tapi hasil membuktikan bola tak menyentuh bagian dalam mistar.

Winger Stefano Sturaro sempat memanfaatkan bola rebound, tapi sundulannya bisa ditahan kiper Torino Joe Hart. Usaha Juve di depan gawang berlanjut karena Leonardo Bonucci melakukan shooting dari jarak dekat tapi bola masih melambung terlalu tinggi.

10 menit terakhir di babak pertama Juventus terus membahayakan lini pertahanan Il Toro dengan menciptakan beberapa peluang. Misalnya pada menit ke-43 Dybala bekerja sama dengan Mario Mandzukic melakukan serangan dari sisi kiri kotak penalti. Tapi Hart tampil gemilang dengan memblok shooting keras Mandzukic.

Wasit Paolo Valeri harus mengeluarkan tiga kartu kuning dalam partai derby ini kepada pemain Torino yaitu Emiliano Moretti, Cristian Molinaro, dan Afriyie Acquah. Namun hingga babak ini usai tak ada satupun gol yang tercipta.
Babak Kedua

Baru lima menit babak kedua dimulai kartu kuning harus diterima bek sayap Juventus Kwadwo Asamoah. Pemain ini terlihat menahan bola dengan tangannya di depan kotak penalti Juventus hingga membuahkan tendangan bebas untuk tim tamu.

Tendangan bebas yang dieksekusi Adem Ljajic pada menit ke-52 menadi petaka untuk Juventus. Dia membuka keunggulan Torino menjadi 1-0 setelah free-kick indahnya membuat penjaga gawang Neto terdiam.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri merespons ketertinggalan ini dengan menarik Stefano Sturaro dan menurunkan striker Gonzalo Higuain. Keputusan ini cukup berhasil lantaran Higuain berkali-kali mengacak-ngacak pertahanan Torino.

Torino harus bermain dengan 10 orang sesaat setelah Higuain masuk lapangan. Afriyie Acquah mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit setelah melanggar Mandzukic.

Pada laga bertajuk Derby della Mole ini Joe Hart tampil apik di bawah mistar Torino bersama pertahanan timnya yang sulit ditembus. Setidaknya ada tiga peluang yang dibuang percuma oleh para pemain Juventus.

Suporter tuan rumah yang memadati Juventus Stadium mulai frustasi namun saat memasuki masa injury time atmosfer kandang Bianconeri langsung berubah. Higuain menyelamatkan wajah tuan rumah pada menit ke-91 lewat tendangan akurat di depan kotak penalti.

Pemain asal Argentina ini menyambut umpan Miralem Pjanic dengan berlari tepat ke depan kotak terlarang. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang dan tak mampu dihalau Hart.

Skor berakhir 1-1 dan kedua tim harus puas berbagi poin. Juve tetap kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 85 poin dibuntuti Napoli (77poin) yang baru saja menang melawan Cagliari 3-1 beberapa jam sebelumnya.

Susunan pemain:

Juventus XI: Neto; Lichtsteiner, Bonucci, Benatia, Asamoah; Khedira, Rincon; Cuadrado, Dybala, Sturaro; Mandzukic

Cadangan: Higuain (56), Pjanic, Alex Sandro, Buffon, Chiellini, Marchisio, Mattiello, Barzagli, Lemina, Dani Alves, Audero, Mandragora

Torino XI: Hart; Zappacosta, Rossettini, Moretti, Molinaro; Acquah, Baselli; Iago Falqué, Ljajić, Boyé; Belotti

Cadangan: Benassi, Obi, Iturbe, Padelli, Leandro Castan, Carlao, Lopez, Samuel Gustafson, Valdifiori, Barreca, Lukic, Cucchietti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s