Kekalahan di Derby London Sangat Memukul Chelsea

052561400_1450509069-Mourinho_10 (1).jpg

Keberhasilan Chelsea meraih gelar juara Liga Inggris musim ini, tidak didapat dengan mudah. Bahkan, di awal-awal musim, dengan manajer baru dan beberapa pemain anyar, mereka masih terseok-seok.
Melihat perjalanan mereka di awal musim, kiper Chelsea, Thibaut Courtois menilai, kekalahan dari Arsenal pada September lalu, cukup berbekas pada dirinya.

“Sangat buruk saat Anda kalah 0-3 dalam derby London. Kami memiliki pertandingan buruk melawan Arsenal,” kata Courtois dilansir laman resmi tim.

Pasca kekalahan itu, Manajer Chelsea Antonio Conte akhirnya mencoba mengubah formasi tim besutannya. Formasi 3-4-3 dipilih manajer asal Italia itu untuk bisa memperbaiki performa The Blues

Terkait perubahan formasi, Courtois mengaku banyak hal yang harus dilakukan ia dan rekan-rekannya. Beruntung, pelan namun pasti, Chelsea mulai terbiasa dengan formasi itu.

“Dan saat itu kami memutuskan untuk beralih ke 3-4-3. Para pemain langsung berhasil, dengan banyak pekerjaan di dalamnya,” jelasnya.

Kegagalan musim lalu, diakui dia memiliki peran besar dalam keberhasilan Chelsea menerapkan formasi baru itu. Tidak mau nasib serupa terulang, dia menegaskan, rekan-rekannya mulai berbenah dan membiasakan diri dengan instruksi dari sang manajer.

“Banyak tim telah mencoba melakukannya dan itu tidak selalu mudah. Kami melakukannya, kami menerapkannya dengan sangat baik. Dan saya pikir, itu karena etos kerja kami, ditambah dengan keinginan besar untuk tidak mengulang musim lalu,” jelas dia.

Formasi 3-4-3 yang diterapkan Antonio Conte memang terbilang cukup ampuh, baik ketika mereka melakukan serangan atau bertahan. Dengan empat pemain di tengah, memungkinkan mereka untuk bisa menjaga keseimbangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s