Jangan abaikan 9 keluhan alat reproduksi wanita

jangan-abaikan-9-keluhan-alat-reproduksi-wanita

Wanita memang rentan terhadap penyakit yang menyerang alat reproduksi. Menurut data yang dihimpun Yahoo! Shine, sebanyak 800.000 wanita Amerika menderita kanker serviks, ovarian, dan alat reproduksi lainnya. Kebanyakan dari mereka tidak mempedulikan gejala yang muncul, tiba-tiba menjadi semakin parah dan memerlukan penanganan yang ekstra. Padahal para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa gejala awal dari sebuah kanker jika langsung ditangani secara cepat dan tepat akan memberikan efek yang baik.

Berikut 9 keluhan yang tidak boleh dikesampingkan oleh para wanita.

1. Kaki bengkak. Jika kaki Anda bengkak dan terasa sakit, jangan tunda-tunda lagi untuk pergi ke dokter. Kaki bengkak bisa tidak berarti apa-apa, tapi juga bisa berarti penyakit serius sedang mengintai Anda.

2. Berat badan turun. Anda yang menjalankan program diet pasti senang jika berat Anda turun. Tapi bagi yang tidak berdiet, perlu dipertanyakan mengapa tiba-tiba berat badan Anda menurun drastis. Tentu dokter Anda yang bisa membantu menjawabnya.

3. Pendarahan pada vagina. Keluarnya darah dari vagina merupakan hal yang normal jika Anda sedang memasuki masa menstruasi. Tetapi ada saatnya keluarnya darah dari vagina merupakan gejala yang tidak umum jika Anda sudah memasuki masa menopause, keluar sebelum atau sesudah lewat masa menstruasi dan saat berhubungan intim. Anda perlu mengonsultasikan gejala-gejala yang tidak wajar ini kepada dokter.

4. Selalu ingin kencing. Kencing sesekali waktu itu wajar saja, tetapi jika Anda selalu ingin merasa kencing karena dorongan dari kandung kemih Anda, apalagi disertai nyeri di perut dan kembung, tanyakan pada dokter Anda apa yang sebenarnya terjadi. Jangan dianggap remeh.

5. Nyeri panggul dan perut. Nyeri perut bisa beragam penyebab dan penyakitnya, jadi perlu ditanyakan ke dokter jika Anda sering mengalaminya, karena kanker endometrial juga diawali dengan gejala nyeri pada bagian panggul dan perut.

6. Perut membesar. Jika mendapati perut Anda membesar setelah makan itu hal yang biasa. Lain halnya jika perut Anda membesar padahal Anda tidak makan apa-apa, dokter perlu mendengar keluhannya untuk bisa mencari tahu masalahnya.

7. Perut kembung yang berlebihan. Perut Anda mungkin pernah kembung. Jika hal ini terjadi secara berlebihan, sangat kembung atau kembung dalam waktu yang lama, pergilah ke dokter untuk mengonsultasikan kondisi Anda.

8. Kelelahan yang hebat. Anda pasti pernah merasa lelah setelah melakukan pekerjaan yang berat. Tetapi jika tiba-tiba merasa lelah yang luar biasa sampai-sampai Anda tidak bisa bekerja, Anda perlu mengonsultasikannya pada dokter.

9. Perasaan mual. Rasa mual bisa timbul karena gangguan pencernaan, Tetapi jika hal ini terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang lama, jangan pandang remeh, segera konsultasikan pada dokter sebelum penyakit serius menyerang Anda.

Pernahkah Anda menemukan gejala-gejala tersebut di atas? Tingkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit-penyakit serius dan rajinlah berkonsultasi dengan dokter saat menemui gejala-gejala tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s