Hati-hati, 5 Tipe Teman Ini Bisa Hambat Kamu Raih Sukses

Baik dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja, kita dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat. Semakin cepat kita beradaptasi dengan lingkungan, kehidupan sosial kita pun akan semakin stabil. Dan kemampuan beradaptasi ini pun bisa menjadi nilai tambah untuk soft skill seseorang.

Namun, tak serta merta kemampuan beradaptasi di segala lingkungan bebas dari risiko lho. Tak menutup kemungkinan teman yang ada di sekitar, ternyata membawa pengaruh negatif. Oleh karena itu, selektif dalam memilih teman wajib dilakukan.
Khususnya bagi kamu yang ingin sukses. Ada baiknya, kamu berhati-hati dengan 5 tipe teman yang bisa menghalangi kesuksesanmu ini.

Penasaran juga gimana karakter teman kantor kamu jika dilihat berdasarkan kehidupan finansialnya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Hobi Mengeluh

Sudah seberapa sering kamu mendengarkan curahan hati sahabatmu? Jika curhatan tersebut masih sekedar curahan ringan tentu tak menjadi soal.

Namun, hal ini akan berubah ketika curahan tersebut menjadi berlarut-larut. Sebagai sahabat, mau tak mau kita akan terus mendengarkan keluhannya bukan?

Hingga tanpa disadari energi negatif dari temanmu yang hobi mengeluh tersebut menular kepada kita. Kita pun akan diselimuti oleh pikiran negatif dan bisa ikut-ikutan mengeluh juga. Karena sebaik-baiknya teman adalah yang menyebarkan energi positif!

Belum Dewasa
2. Belum Dewasa

Dalam dunia pertemanan, pastinya sudah lumrah jika terjadi perbenturan opini antar satu pihak dengan pihak yang lain. Hal ini makin runyam, jika salah satu sahabatmu belum dewasa dan cenderung kekanak-kanakan. Alih-alih tenang, hidup kita pun akan terasa lebih sulit.

Contohnya adalah saat kamu harus pergi mendadak untuk urusan kantor. Sebelumnya, kalian telah merencanakan untuk liburan bersama secara matang. Namun, karena tugas mendadak dari kantor, kamu harus membatalkan rencana tersebut.

Bukannya memaklumi, mereka malah marah kepadamu. Inilah salah satu contoh sahabat yang dapat menghambat kesuksesan karier sahabatnya.

Pikiran negatif

3. Memiliki Pikiran Negatif

Karena beberapa faktor, seseorang tumbuh dengan kepribadian yang unik dan memiliki wawasan yang berbeda. Beruntungnya kamu, jika memiliki sahabat yang open-minded dan memiliki wawasan luas.

Dan kurang beruntungnya kamu, jika memiliki teman yang selalu melihat sisi negatif dalam setiap kondisi yang dihadapi.

Padahal, seringkali kita membutuhkan saran baik dari keluarga maupun teman untuk memutuskan sesuatu. Jika kamu dihadapkan pada pilihan sulit, sahabat bisa menjadi tempat untuk meminta pertimbangan.

Kalau sahabatmu memberikan saran yang kurang tepat karena pemikiran yang dangkal, hanya penyesalanlah yang tersisa pada akhirnya.

Suka Mengkritik

4. Suka Mengkritik

Sikap kritis merupakan karakter idaman banyak orang. Karena seseorang yang mampu mengkritik orang lain tentu memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta pengetahuan yang luas. Dan sayangnya, tidak semua kritikan dapat diterima dengan mudah oleh orang lain.

Hal ini bisa terjadi jika kritikan tersebut dirasa menghakimi dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Sebagai seorang sahabat, yang mereka butuhkan adalah dukungan untuk meraih kesuksesan.

Bukan, kritikan yang membuat percaya diri runtuh dan sulit berkembang. Jika kamu memiliki teman yang suka mengkritik tetapi tidak membangun, siap-siap untuk mencari teman baru saja deh.

Suka Memanipulasi
5. Suka Memanipulasi

Inilah tipe teman yang paling ditakuti. Bagaimana jadinya jika sahabat karib kita ternyata suka memanipulasi? Artinya, mereka tidak benar-benar berteman secara tulus dan hanya ingin memanfaatkan kita. Mereka akan menghalalkan segala cara untuk memperoleh apa yang mereka inginkan.

Sebagai contoh, terdapat seorang teman yang selalu bersikap baik di depanmu. Pada suatu ketika, kalian telah memutuskan untuk melakukan suatu pekerjaan dan menyelesaikannya bersama-sama.

Namun, akhirnya sahabat karibmu mengklaim bahwa pekerjaan itu adalah idenya dan dialah yang mengerjakannya seorang diri. Wah, sungguh ajaib ya tipe teman yang seperti ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s