Mobil dikendarai kempis, dua pencuri kerbau dibekuk polisi

 

Kepolisian Sektor (Polsek) Cimarga membekuk pencuri kerbau yang meresahkan masyarakat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Peristiwa pencurian kerbau itu diketahui setelah warga Kampung Sanghiang, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, melaporkan kehilangan dua kerbau, Sabtu (5/4) dini hari.

“Kami mengamankan dua tersangka pencuri kerbau dan dua lainnya masih diburu petugas,” kata Kapolsek Cimarga di Lebak, Ajun Komisaris Bambang, seperti dilansir Antara, Minggu (6/4).

Kerbau milik warga itu menghilang dalam kandang sehingga korban bergerak cepat melaporkan kepada petugas. Petugas langsung menyebar ke sejumlah titik yang dijadikan tempat pelarian pencuri keluar Kecamatan Cimarga.

Ruas jalan terus dilakukan pemantauan petugas dan ditemukan kendaraan Colt Diesel mengangkut dua kerbau. Petugas menghampiri angkutan tersebut, namun tiba-tiba kendaraan penjahat melarikan dengan kecepatan tinggi.

Karena itu, petugas mengejar kendaraan dan menembak ban belakang Colt Diesel itu hingga ban belakang betus dan kempes kemudian jatuh terperosok ke parit. Selanjutnya, petugas langsung membekuk dua tersangka yang diketahui berinisial W (39) warga Kecamatan Malingping dan US warga Parung, Bogor.

Sedangkan, dua pelaku lainnya JJ dan JK melarikan diri ke arah hutan Cigembor. Saat ini, petugas sedang memburu kedua tersangka karena masih berada di kawasan Cigembor.

“Kami berharap kedua pelaku segera menyerahkan diri karena sudah diketahui identitasnya,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini pencurian peternakan sangat meresahkan sehingga warga segera melaporkan jika kehilangan ternak. Meningkatnya angka kejahatan ternak sehubungan memasuki Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat agar melakukan pengamanan swadaya dengan mengaktif pos ronda.

Selain itu juga jika pelaku pencurian ditangkap masyarakat maka tidak boleh main hakim sendiri dan menyerahkan kepada petugas. Saat ini, pelaku pencurian ternak kerbau ini dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian ternak hewan, dengan ancaman kurungan penjara selama tujuh tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s