5 Cara jitu mengajarkan puasa pada buah hati sejak dini

Puasa yang dilakukan di bulan Ramadan adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Hal inilah yang kemudian membuatmu wajib mengajarkan puasa pada buah hati sejak dini.

Well, mengajarkan puasa pada anak kecil memang susah-susah gampang. Kamu wajib tahu triknya agar proses belajar ini bisa berlangsung dengan tidak terlalu merepotkan.

Membagi tahapan berpuasa sesuai dengan kondisi anak
Anak kecil tentu saja tidak bisa langsung berpuasa sehari penuh seperti orang dewasa. Oleh karena itu kamu wajib mengajari mereka berpuasa dengan cara membagi jam puasa melalui beberapa tahapan. Misalnya puasa yang dilakukan setengah hari dan berbuka saat Dzuhur.

Kemudian dilanjutkan di hari berikutnya dari waktu Dhuhur hingga Ashar. Dan dilanjutkan lagi pada hari berikutnya hingga anak bisa berpuasa satu hari penuh.

Menyiapkan hidangan sahur dan buka yang membangkitkan semangat
Terkadang anak kecil merasa begitu malas untuk makan saat sahur. Maka dari itu siapnya menu sahur yang mereka sukai agar mereka semangat saat sahur. Serta jangan lupa untuk menyiapkan hidangan berbuka yang mereka sukai sebagai bentuk apresiasi karena mereka bisa berpuasa sehari penuh.

Memberikan kegiatan menyenangkan saat berpuasa
Menunggu waktu berbuka memang terkadang membosankan. Maka isilah dengan kegiatan yang menyenangkan bagi buah hati seperti bermain atau membagi pengetahuan tentang Islam.

Memberikan pengetahuan tentang pentingnya puasa
Dengan memberikan pemahaman yang jelas tentang pentingnya puasa, maka akan muncul kesungguhan dari buah hati untuk menjalankan ibadah ini.

Memberikan pujian
Jika buah hati bisa melewati waktu puasa selama sehari penuh, jangan lupa untuk memberikan mereka pujian. Pujian ini akan membuat buah hati mereka begitu dihargai atas usaha mereka berpuasa.

Bagaimana, mudah bukan? Maka cobalah cara di atas dalam mengajarkan puasa pada buah hati. Selamat mencoba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s