RS diamankan Densus, Polda DIY waspadai gerakan radikal di sekolah

Tertangkapnya terduga teroris berinisial RS oleh Densus 88 Mabes Polri di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada Selasa (6/6) yang lalu menjadi kejadian pertama tertangkapnya teroris di DIY. Menurut Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto, selama ini di DIY belum pernah ada peristiwa penangkapan terduga teroris.

“Yang menangani terduga teroris RS ini kan langsung Densus 88. Kami tidak punya akses. Tapi informasinya, RS terkait dengan gerakan ISIS di Marawi, Filipina. Kan memang ada keterlibatan WNI atas kejadian di Marawi itu,” ujar Yulianto saat dihubungi pada Jumat (9/6).

Meskipun tidak beralamatkan di DIY, kata Yulianto, wilayah DIY memungkinkan adanya kelompok radikal yang dimungkinkan berhubungan dengan terorisme. Kelompok radikal ini disebut oleh Yulianto bergerak dengan halus.

“Bibit-bibit gerakan radikal itu memiliki sejumlah jalur untuk menanamkan radikalisme. Salah satunya melalui organisasi kesiswaan yang kemudian masuk ke siswa si sekolah. Gerakan ini mengambil mereka yang dianggap potensial,” tutur Yulianto.

Merespon adanya gerakan radikal yang menyasar sekolah, ucap Yulianto, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, pun membentuk tim yang bertugas menjadi penghubung polisi dengan sekolah. Tim yang dibentuk itu salah satunya bertugas untuk memetakan permasalahan jika ada unsur radikalisme di sekolah.

“Gerakan-gerakan redikalisme di DIY memang tak berjalan sporadia, termasuk jika ada di lingkungan masyarakat. Selama ini Polda DIY terus berupaya melibatkan berbagai komponen mencegah penyebaran paham radikalisme. Mulai dari tokoh agama hingga Babinkamtibmas dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat,” urai Yulianto.

Yulianto pun berpesan kepada masyarakat untuk peduli terhadap bahaya radikalisme. Masyarakat pun diminta untuk peka terhadap lingkungan sekitar.

“Jangan sampai bibit radikalisme tumbuh. Harus dicabut pada akarnya,” pungkas Yulianto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s